Halaman

Sabtu, 23 Juli 2011

MAKALAH PERENCANAAN BISNIS

PENDAHULUAN

Di zaman sekarang ini, kemajuan teknologi semakin berkembang di masyarakat. Sehingga masyarakat dituntut untuk hidup lebih efektif dan efisien. Informasi yang semakin mudah didapat akibat adanya perkembangan teknologi, membuat batas-batas antar negara semakin pudar. Dengan menggunakan teknologi yang tersedia, seseorang bisa semakin mudah mengakses informasi di sekitarnya. Informasi tersebut dapat digunakan untuk kemudahan hidup seseorang.
Untuk itu, kami mencoba untuk membuat dan merintis usaha sebuah warnet yang berfungsi juga untuk mengakses game online dan cafe. Seseorang dapat menikmati makanan dan minuman sambil mengakses internet sebagai sarana untuk mencari informasi, hiburan dan ilmu. Kami menawarkan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Dalam penyediaan jasa internet, kami menawarkan akses cepat dengan kualitas unggul serta beberapa kemudahaan-kemudahan.
Usaha ini memudahkan seseorang dalam menggunakan waktunya secara efektif dan efisien serta dapat membantu seseorang untuk belajar. Sehingga diharapkan masyarakat dapat terbantu dengan adanya usaha kami ini. Usaha yang akan kami dirikan ini bernama Sukses- Net.


ASPEK PASAR

Tidak ada proyek bisnis berhasil tanpa adanya permintaan atas barang/jasa yang dihasilkan proyek tersebut. Dengan bertambahnya permintaan akan kemajuan teknologi, kami berinisiatif membuka usaha warnet, game online dan cafe untuk memenuhi permintaan pasar. Usaha warnet ini akan sangat menguntungkan karena selain mempunyai harga yang terjangkau, usaha ini juga mempunyai fasilitas lain yaitu game online dan cafe. Dengan begitu mahasiswa maupun masyarakat semakin dimudahkan dalam mencari tugas/materi di internet maupun bermain game secara online, dan mereka juga bisa memesan makanan/minuman yang tersedia di café.
Usaha yang kami dirikan bernama Sukses-Net. Berlokasi di Jalan Tirto Agung di sekitar Kampus Undip Tembalang dan Kampus Polines Semarang. Kami menawarkan jasa internet, game online dan cafe. Konsumen yang kami tuju adalah mahasiswa, orang yang berkecimpung di bidang pendidikan dan kalangan umum. Sehingga, pasar yang dituju yaitu pasar konsumen.
Tujuan kami mendirikan Sukses-Net ini agar mampu memaksimalkan dari segi keuntungan dan manfaat karena di kota Semarang masih jarang usaha yang sekaligus terfokus pada tiga usaha yaitu internet, game online dan cafe. Bagi kami usaha ini sangat berpengaruh pada masyarakat karena usaha yang berkecimpung di dunia teknologi dan makanan akan mempunyai prospek yang sangat bagus.
ANALISIS USAHA
Usaha kami memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Sehingga kami harus selalu waspada dalam menghadapi persaingan. Kami harus selalu bisa melihat kondisi pesaing, sehingga dalam menjalankan usaha, kami berusaha sebisa mungkin untuk menjaga dan meningkatkan kualitas usaha. Kami juga berusaha untuk mengurangi dan menutup kelemahan yang ada.
Kelebihan dari usaha kami yaitu :
1. Akses internet cepat dan lancar
2. Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server dapat kami lakukan sendiri. Dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa dari pihak ketiga.
3. Makanan dan minuman terjaga kualitasnya
4. Harga terjangkau
4. Tempat strategik dan mudah dijangkau
5. Kebersihan tempat terjaga
6. Pelayanan ramah dan memuaskan
7. Tempat nyaman, tenang dan aman
Kelemahan usaha saya yaitu :
1. banyak usaha sejenis yang mulai bermunculan,
2. kendala dalam mempromosikan Sukses-Net yang salah dapat menyulitkan jalannya usaha,
3. perekrutan pegawai yang kurang selektif dapat menghambat jalannya usaha, dan
4. kurangnya komunikasi antar pegawai dapat menggangu jalannya usaha.
ASPEK PEMASARAN
Segmentasi Pasar
Segmen utama yang dipilih Sukses-Net adalah mahasiswa dan semua orang yang berkecimpung di bidang pendidikan khususnya siswa – siswi SD, SMP, dan SMA. Kami memilih segmen ini karena kami merasa kalangan tersebut yang saat ini sangat membutuhkan informasi dari internet dan memanfaatkan fasilitas game online secara aktif. Namun tidak menutup kemungkinan masyarakat pada umumnya.
Strategi Pemasaran
Dalam memasarkan produk, kami membuat brosur yang akan kami sebarkan kepada mahasiswa UNDIP dan Polines, serta masyarakat yang tinggal di sekitar Sukses-Net. Selain itu kami juga akan menyebarkannya di kampus STIE Bank BPD Jateng.
Strategi Produk
Produk yang ditawarkan oleh Sukses-Net adalah software game terbaru dengan harga terjangkau, makanan dan minuman berkualitas. Sehingga pengunjung bisa mengakses internet, game – game terbaru, sekaligus memesan makanan atau minuman.
Strategi Harga
Harga yang kami tawarkan tidak terlalu mahal. Kami menerapkan sistem paket. Satu paket berisi dua jam dengan harga Rp. 5000,00/paket. Kami memberikan bonus berupa makanan kecil bagi pengguna internet dan game online selama 5 jam.
Strategi Promosi
Promosi yang kami lakukan dengan menyebar brosur dan memasang iklan lewat internet. Letak Sukses-Net yang strategik secara tidak langsung juga membantu dalam hal promosi.

ASPEK TEKNIK dan TEKNOLOGI

Usaha kami sangat erat kaitannya dengan teknologi. Kami berupaya selalu menggunakan teknologi dengan kualitas terbaik untuk memuaskan konsumen. PC Gamers yang kami gunakan kami impor langsung dari produsen AMD. Lokasi usaha kami yang terletak di Jalan Tirto Agung, Semarang merupakan lokasi strategis karena berdekatan dengan kampus UNDIP dan POLINES. Kami menggunakan ruko dua lantai dengan keunggulan fasilitas di dalamnya. Konsumen akan dimanjakan dengan music – music Indonesia maupun Mancanegara, ruangan yang bersih, sejuk, dan nyaman, serta tempat parkir yang terjamin keamanannya. Konsumen juga akan dipuaskan dengan menu – menu andalan café kami. Voucer game yang kami sediakan merupakan game terbaru dengan kualitas cepat akses karena perangkat PC game kami menggunakan adalh HDD 250GB 7200RPM SATA. Kami juga menggunakan antivirus yang selalu di up-date untuk mnghindari virus dari flashdisk konsumen, sehingga PC kami selalu aman dari serangan virus.
Usaha kami menjual produk berupa barang dan jasa. Barang berupa voucer game, makanan dan minuman serta jasa berupa pelayanan responsiveness, assurance, dan empathy.








ASPEK SDM
Untuk memenuhi kebutuhan produksi kami membutuhkan tenaga kerja untuk menunjang usaha ini. Kami membutuhkan beberapa karyawan, antara lain 2 orang yang bekerja di dapur yang memiliki keahlian memasak dan berfungsi juga sebagai pelayan, 1 orang pegawai sebagai cleaning service, 2 orang pegawai sebagai operator dan kasir. Untuk bagian internet game online ada seorang operator yang bertugas mengelola operasional internet.

ASPEK FINANSIAL
Sumber dana usaha kami berasal dari modal pemilik perusahaan yang disetorkan dan kredit bank. Prosentase yang kami tawarkan adalah 40% untuk pemodal dan 60% untuk pengelola. Pada prinsipnya jumlah asset pemodal adalah sama baik pada saat pendirian usaha maupun pada tahun ke 1, ke 2, dst karena kami menganggarkan biaya penyusutan sebesar 2,5% per bulan dari semua asset milik pemodal. Dana penyusutan ini tetap menjadi milik pemodal sehingga total asset pemodal tetap walaupun nilai barang menjadi susut atau rusak. Demi keamanan investasi kami menawarkan surat perjanjian yang ditandatangani oleh pemodal da pengelola dan dibubui materai secukupnya agar mempunyai kekuatan hukum Dalam suatu usaha apapun pasti tidak terlepas dari resiko. Begitu juga dengan Sukses-Net. Untuk mengantisipasi resiko yang tidak terduga seperti kebakaran, kami mengasuransikan bangunan usaha ini.
Resiko yang mungkin terjadi pada aspek keuangan adalah kurangnya biaya. Oleh karena itu modal dari usaha tidak kami gunakan semua, kami menyimpannya untuk mengantisipasi apabila usaha kami kekurangan biaya. Resiko yang dapat dikendalikan oleh manajemen adalah dalam menghadapi pesaing. Untuk menghadapi pesaing, kami mencoba membuat inovasi-inovasi baru yang tidak dimiliki pesaing.

ASPEK EKONOMI, SOSIAL, dan POLITIK
Aspek Ekonomi
1. Memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat
2. Menggunakan sumber daya lokal
3. Menumbuhkan industri lain
4. Turut menyediakan kebutuhan konsumen dalam negeri sesuai dengan kemampuan
5. Menambah pendapatan nasional
6. Dukungan pemerintah berupa kebijakan langsung terhadap komoditi yang bersangkutan (kebijakan impor dan kebijakan produksi ) dan kebijakan tidak langsung berupa kebijakan ekonomi makro.
Aspek Sosial dan Politik
CV kami berada dalam masyarakat yang pluralistik. Kami akan selalu mengikuti trend yang sedang berlaku di masyarakat sehingga kami bisa selalu mengikuti ritme permintaan masyarakat. Kami menyadari isu – isu politik akan mempengaruhi usaha kami, sehingga kami juga akan terus memantau kondisi politik di dalam maupun di luar negeri. Mengingat kami mnggunakan kurs dollar untuk membeli PC.








PENUTUP
Sukses-Net adalah sebuah usaha berbentuk warnet, game online sekaligus cafe yang menawarkan menu-menu berkualitas. Meskipun jenis usaha ini dapat dikatakan follower tetapi usaha Sukses-Net ini memberikan beberapa inovasi baru. Inovasi inilah yang menjadikan usaha kami berbeda dari yang lainnya dan akan kami tonjolkan kepada konsumen. Dengan tujuan utama untuk memperoleh profit yang besar, kami optimis dapat bertahan dan berkembang untuk memajukan usaha ini dengan ciri khas yang telah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar