Halaman

Sabtu, 23 Juli 2011

PENGGUNAAN Wi-Max

BAB I
PENDAHULUAN

Sebuah jaringan sederhana terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Komponen-komponen dasar jaringan adalah komputer, penghubung jaringan, medium koneksi, perantik lunak sistem operasi jaringan, hub atau switch. Hub adalah perantik yang sangat sederhana yang menghubungkan komponen jaringan, mengirimkan paket data ke semua perantik yang terhubung.Sedangkan, Switch adalah perantik yang menghubungkan komponen jaringan yang lebih cerdas daripada hub dan dapat menyaring dan mengirim data ke tujuan tertentu.
Infrastruktur jaringan untuk perusahaan besar bergantung pada infrastruktur public dan swasta untuk mendukung pergerakan informasi melewati bermacam platform teknologi.Diantaranya adalah sistem telepon tradisional, komunikasi seluler mobile, LAN nirkabel, sistem koferensi video, dan situs web perusahaan, intranet, ekstranet, dan susunan LAN dan WAN, termasuk internet. Kumpulan jaringan ini berkembang dari dua jenis jaringan yang berbeda secara mendasar: jaringan telepon dan jaringan komputer.
Dalam bab ini kita terlebih dahulu dapat memahami/mengartikan maksud dari telekomunikasi, internet dan teknologi nirkabel.

• Telekomunikasi
Sistem Telekomunikasi adalah Kumpulan perantik keras dan lunak yang sesuai yang diatur untuk mengkomunikasikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
1. Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
2. Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
3. Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
• Internet
Internet adalah jaringan dari jaringan global menggunakan standar universal untuk menghubungkan jutaan jaringan yang berbeda. atau dengan kata lain internet berasal dari kata internetworking atau terhubungnya jaringan-jaringan terpisah, yang masing-masing memilki identitasnya sendiri, menjadi jaringan saling terhubung.
• Teknologi Nirkabel
Teknologi Nirkabel adalah jaringan system yang menggunakan kabel untuk mengakses suatu informasi. Sebuah jaringan sederhana terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Komponen-komponen dasar jaringan adalah komputer, penghubung jaringan, medium koneksi, perantik lunak sistem operasi jaringan, hub atau switch.
Hub adalah perantik yang sangat sederhana yang menghubungkan komponen jaringan, mengirimkan paket data ke semua perantik yang terhubung. Sedangkan
Switch adalah perantik yang menghubungkan komponen jaringan yang lebih cerdas daripada hub dan dapat menyaring dan mengirim data ke tujuan tertentu.
Infrastruktur jaringan untuk perusahaan besar bergantung pada infrastruktur public dan swasta untuk mendukung pergerakan informasi melewati bermacam platform teknologi.Diantaranya adalah sistem telepon tradisional, komunikasi seluler mobile, LAN nirkabel, sistem koferensi video, dan situs web perusahaan, intranet, ekstranet, dan susunan LAN dan WAN, termasuk internet. Kumpulan jaringan ini berkembang dari dua jenis jaringan yang berbeda secara mendasar: jaringan telepon dan jaringan komputer.
Teknologi Utama Dalam Jaringan Digital
1. Komputasi Klien/Server
adalah sebuah model komputasi terdistribusi dimana beberapa tenaga pemrosesan yang ditempatkan dalam komputer klien yang kecil dan tidak mahal dibawah kendali pengguna, dan tersimpan pada PC, Laptop atau perangkat perangkat genggam.
2. Packet Switching
Packet Switching adalah teknologi yang memecah pesan menjadi paket data berukuran kecil dan mengarahkan paket tersebut seekonomis mungkin melalui jalur komunikasi yang tersedia.

3. TCP/IP dan Konektivikasi
Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP) adalah model dominan untuk mendapatkan konektivikasi antarjaringan berbeda yang menyediakan metode umum disetujui untuk memecah pesan digital menjadi paket, mengarahkan pesan-pesan tersebut kealamat yang tepat, dan kemudian menyamankan pesan tersebut menjadi pesan yang teratur dari sebelumnya.

JENIS JARINGAN

1. Local Area Network (LAN)
adalah jaringan telekomunikasi yang membutuhkan jaringan tersendiri dalam jarak terbatas, biasanya dalam satu gedung atau beberapa gedung dalam jarak terbatas. cakupan wilayah LAN yaitu hingga 500 meter (setengah mil) satu lantai kantor atau bangunan.
2. Campus Area Network (CAN)
adalah jaringan area local yang saling terhubung dalam daerah geografis terbatas seperti sekolah atau kampus. cakupan wilayah CAN yaitu hingga 1000 meter (satu mil) kampus perguruan tinggi atau fasilitas perusahaan
3. Metropolitan Area Network (MAN)
adalah jaringan yang manangani area metropolitan, biasanya sebuah kota dan kota kecil disekitarnya cakupan geografis adalah antara WAN dan LAN.
4. Wide Area Network (WAN) /jaringan area luas
adalah jaringan telekomunikasi yang menangani daerah geografis luas yang terdiri atas kabel, satelit, dan teknologi gelombang mikro. cakupan wilayah WAN yaitu area antar benua atau global.
BAB II
ISI

PERKEMBANGAN teknologi jaringan tanpa kabel semakin cepat. Ini ditandai dengan dengan munculnya Personal Digital Assistance (PDA), dan notebook yang telah mendukung standar protokol Wi-Fi (Wireless Fidelity) 802.11b dan 802.11a. Saat ini komunikasi data maupun suara dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Di Indonesia teknologi Wi-Fi sudah mulai banyak digunakan. Salah satunya adalah pada kejuaraan bulu tangkis Thomas Cup dan Uber Cup bulan lalu. Banyak wartawan asing yang merasakan kemudahan dengan adanya teknologi ini. Mereka tidak perlu bolak-balik ke ruangan wartawan. Cukup duduk di tribun pertandingan berbaur dengan penonton. Sambil menonton mereka pun mengetik laporan dengan notebook-nya. Selesai pertandingan berita yang sudah jadi langsung dikirim lewat internet.
Wartawan pun tidak direpotkan lagi dengan jaringan kabel untuk mendapat akses internet. Kawasan Istora Senayan dilengkapi dengan sarana hotspot yang memiliki bandwith 512 kilobit perdetik. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan dial up lewat telepon yang hanya berkapasitas paling tinggi 56 kilobit perdetik.
Kawasan hotspot adalah area di mana pemilik komputer tanpa melakukan koneksi internet tanpa dial up ke saluran telepon kabel. Ketika itu arena pertandingan dipasangi 10 antena yang berfungsi sebagai titik akses. Masing-masing antena dipasang dengan jarak 40 meter.
Memang teknologi Wi-Fi sedang diminati oleh banyak penduduk dunia, sehingga tidak heran kalau pembangunan sarana infrastrukturnya pun berlangsung cepat. Perusahaan periset teknologi informasi terkemuka, Gartner, memprediksi jumlah kawasan hotspot akan terus meningkat. Untuk tahun 2004 akan berjumlah lebih dari 71.000 lokasi yang mencakup 48 negara. Padahal di tahun 2002, kawasan hotspot yang tersedia baru sejumlah 14.000 unit saja.
Teknologi Wi-Fi berkembang pesat sejak tahun 2000, setelah berlalunya era ethernet pada tahun 1990-an. Keberhasilan teknologi Wi-Fi mendunia ternyata tidak membuat para pakar teknologi informasi merasa puasa. Teknologi jaringan tanpa kabel terus dikembangkan dan hasilnya yang terbaru adalah WiMAX (worldwide interoperability for microwave access).
Secara resmi disebut sebagai standar 802.16, WiMAX mampu menyalurkan data 7 kali lebih cepat dari Wi-Fi. Teknologi WiMAX pun diklaim memiliki kemampuan yang luar biasa dan lebih canggih dari sistem jaringan tanpa kabel yang ada sekarang. Teknologi yang dapat menyatukan sejumlah kawasan hotspot dalam satu area. Malah Bill Gates, pendiri Microsoft optimis bahwa WiMAX adalah kuda hitam yang bisa berbicara banyak dalam jangka waktu tiga tahun ke depan.
Memang banyak pebisnis teknologi informasi yakin WiMAX akan segera mendunia. Padahal pengembangan Wi-Fi saja memerlukan waktu 10 tahun. Teknologi ini sebenarnya adalah pengembangan lebih lanjut dari konsep Wi-Fi. Teknologi ini sudah banyak memberikan kemudahan bagi manusia, namun mempunyai kendala terbatasnya kapasitas dan jangkauannya. Sedangkan banyak perusahaan besar di dunia membutuhkan akses jaringan tanpa kabel yang memiliki kapasitas data besar, biaya murah dan bisa diakses dari semua tempat.
Teknologi Wi-Fi memiliki jangkauan yang terbatas, paling jauh sekira 100 meter saja. Bandingkan dengan WiMAX memiliki radius jangkauan sekira 7 sampai dengan 10 km. Tidak salah kalau WiMAX diproyeksikan sebagai teknologi jaringan tanpa kabel untuk daerah perkotaan.
Dengan WiMAX kemana pun kita pergi di dalam kota, akses internet dapat dilakukan tanpa biaya yang terlalu mahal. Untuk mencari informasi tidak perlu pergi ke kantor ataupun warung internet, cukup duduk di mobil sambil menunggu lalu lintas yang macet, kemudian membuka notebook. Sedangkan untuk Wi-Fi begitu keluar dari area hotspot, koneksi data langsung mati.
WiMAX memiliki kemampuan menghantarkan data sampai dengan kecepatan 75 megabit perdetik (Mbps), sedangkan Wi-Fi hanya 11 Mbps. Keunggulan lainnya adalah WiMAX bermain pada frekuensi yang cukup rendah dan lebar, yaitu 2 - 6 gigahertz (GHz). Sedangkan Wi-Fi yang diatur dalam protokol 802.11b di 2,4 GHz dan protokol 802.11a di 5 GHz.
Tidaklah mengherankan kalau kehadiran WiMAX langsung mendapat sambutan dari berbagai perusahaan telefon seluler dunia. Bila pengembangan WiFi memakan waktu tahunan, maka WiMAX untuk menjadi tenar hanya butuh waktu 18 bulan saja. WiMAX dengan kode protokol 802.16 telah didukung oleh Nokia, Siemens dan Alcatel.
Belakangan ini popularitas WiMAX semakin naik, data terbaru dari situs www.wimaxforum.org tercatat tidak kurang dari 100 perusahaan dunia yang bergabung dalam WiMAX Forum termasuk di dalamnya perusahaan komunikasi British Telecom dan UK Broadband (Inggris), Iberbanda (Spanyol), PCCW (China) dan Reliance Inforcomm (India).
Teknologi WiMAX bisa jadi lompatan besar bagi perusahaan komunikasi dunia, terutama untuk negara-negara yang sedang membangun di kawasan Asia. Negara yang selama ini masih mengandalkan jaringan kabel. Dengan teknologi ini lompatan menuju jaringan pita lebar atau broadband dapat lebih cepat dilakukan. Alasan ini membuat perusahaan komunikasi China dan India pun tertarik untuk bergabung.
Untuk mendapatkan layanan WiMAX, memerlukan antena khusus yang dapat dioperasikan oleh 60 perusahaan dengan koneksi masing-masing sekira 1 Mbps. Dengan semakin banyaknya anggota WiMAX Forum diperkirakan pada tahun 2005 mendatang, teknologi ini sudah dapat beroperasi.
Masih ada beberapa kendala yang harus disempurnakan terlebih dahulu. Sebelumnya pada tahun 2003 para insinyur WiMAX berhasil menyempurnakan teknologi penerimaan. Bila dahulu antena dan alat penerima harus berada pada garis yang lurus, kini antena dapat melayani alat yang posisinya terpisah-pisah di berbagai area. Standar baru ini diberi kode 802.16a yang lebih canggih.
Kini masalah lainnya yang sedang dikerjakan adalah menyusun standar perpindahan antar jaringan. Pengguna Wi-Fi yang keluar dari area hotspot dan masuk ke WiMAX agar tidak putus koneksi download datanya. Kemudian juga sedang dipikirkan agar pengguna jaringan kabel dapat memanfaatkan WiMAX tanpa harus memutus koneksi internet.







BAB III
PEMBAHASAN



Pengertian WiMAX
WiMAX merupakan suatu platform yang digunakan pada Metropolitan Area Network (MAN) yang sebelumnya menggunakan fiber optic, GSB, FSL. WiMAX merupakan singkatan Worldwide Interoperability for Microwave Access. Ini merupakan salah satu bentuk teknologi nirkabel yang sedang menjadi pusat perhatian operator telekomunikasi, pebisnis maupun pengguna internet di dunia.
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) hadir sebagai solusi keterbatasan akses pada Wi-Fi yang dirancang untuk pemakaian dalam ruang. Teknologi yang menggunakan OFDM ini mampu memberikan layanan data berkecepatan hingga 70 Mbps dalam radius 50 km. Radius yang cukup untuk menjadikan WiMAX sebagai jaringan telekomunikasi broadband menggantikan teknologi fixedline. Jika dibandingkan dengan fixedline biaya instalasi jaringan WiMAX jauh lebih murah.
Antena WiMax cukup kuat untuk memancarkan koneksi Internet berkecepatan tinggi dari antena atap rumah dan perusahaan yang bermil-mil jauhnya. Spring Nextel membangun jaringan WiMax nasional di AS untuk mendukung video, panggilan video dan layanan lainnya untuk data berukuran besar secara nirkabel, dan Intel memiliki chip khusus yang memfasilitasi akses WiMax dari komputer mobile.

Di kawasan Istora Senayan sudah dilengkapi dengan sarama hostpot yang memudahkan para wartawan untuk mengakses internet. Dalam kejuaraan bulu tangkis Thomas Cup dan Uber Cup, banyak wartawan asing yang merasakan kemudahan dengan adanya teknologi ini. Mereka tidak perlu bolak-balik ke ruangan wartawan. Cukup duduk di tribun pertandingan berbaur dengan penonton. Sambil menonton mereka pun mengetik laporan dengan notebook-nya. Selesai pertandingan berita yang sudah jadi langsung dikirim lewat internet.

 Telekomunikasi
Dengan adanya teknologi WiMax yang dipasang di Istora Senayan, teknologi ini dapat mempermudah wartawan untuk menyampaikan informasi tentang berita yang sedang update pada saat itu juga dan bisa langsung di kirim ke ruangan wartawan.

 Internet
Dengan adanya WiMax ini, maka dapat menghubungkan jutaan jaringan yang berbeda yang masing-masing memilki identitasnya sendiri, dan menjadi jaringan saling terhubung. Seperti wartawan yang dapat menyampaikan informasinya ke berbagai jaringan yang berbeda.

 Teknologi Nirkabel
Sebuah jaringan sederhana terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Komponen-komponen dasar jaringan adalah komputer, penghubung jaringan, medium koneksi, perantik lunak sistem operasi jaringan, hub atau switch.
Di Istora Senayan memiliki media koneksi yang dapat menghubungkan dua jaringan komputer atau lebih yaitu WiMax. WiMax yang dipasang di kawasan Istora Senayan ini sangat menguntungkan bagi para ppengunjung terutama para wartawan. Apalagi WiMax memiliki kemampuan menghantarkan data sampai dengan kecepatan 75 megabit perdetik (Mbps), sedangkan Wi-Fi hanya 11 Mbps. Keunggulan lainnya adalah WiMAX bermain pada frekuensi yang cukup rendah dan lebar, yaitu 2 - 6 gigahertz (GHz). Sedangkan Wi-Fi yang diatur dalam protokol 802.11b di 2,4 GHz dan protokol 802.11a di 5 GHz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar