Halaman

Sabtu, 23 Juli 2011

PROPOSAL PERENCANAAN BISNIS

RENCANA BISNIS SANDAL JEPIT HIAS


1. Rencana Usaha

Bisnis yang ingin saya jalankan adalah bisnis sandal jepit hias yang berbahan dasar sandal jepit biasa. Sandal jepit tersebut dihiasi dengan berbagai macam bentuk atau model, seperti bentuk bunga , buah dan kartun. Hiasan yang berbagai model itu, terbuat dari kain flannel yang didalamnya diisi dengan dakron.

2. Bahan dan Anggaran

 Bahan Dasar
Sandal jepit polos, terdiri dari :
1. Anak kecil : Rp. 25000,- - Rp. 300000 / lusin
2. Dewasa : Rp. 50000,- - Rp. 70000 /lusin

 Pelengkap
Dakron : Rp. 15000,-/1000gr
Kain flannel : Rp. 14000,-/mtr
Kain : Rp. 15000,-/mtr
Benang Sulam : Rp. 15000,-/kotak
Lem Lilin : Rp. 50000,-/kg

 Alat
Jarum : Rp. 25000,-
Gunting : Rp. 30000,-
Tembakan Lem : Rp. 35000,-




3. Pembuatan Sandal

Ada beberapa langkah dalam pembuatan sandal hias ini, diantaranya adalah :
a) Buat sandalnya :
Potong kain buat lilit atau melapisi bagian japitan pada sandal , kemudian potongan kain tersebut dililitkan ke japitan sandal dengan kuat dan rapi menggunakan lem tembak.

b) Buat Hiasan Bonekanya :
Potong kain flanel sesuai dengan pola yang sudah dibuat kemudian dijahit dengan benang sulam dan menggunakan tekhnik jahit flanel, diberi lubang sedikit untuk memasukan dakron. Kalau sudah diisi dengan dakron, lubangnya dijahit kembali.

Proses yang terakhir : Hiasan tersebut tinggal ditempel di sandal dengan menggunakan lem tembak.

4. Kemasan

Untuk kemasan ,saya menggunakan plastik putih biasa .Supaya terlihat simpel dan dapat menghemat biaya.


5. Segmen Pasar

Karena modelnya unik dan lucu, maka sandal jepit ini dijual untuk berbagai kalangan baik anak-anak, remaja maupun orang tua. Tapi lebih ditujukan untuk anak-anak, remaja cewek dan ibu-ibu rumah tangga.
Untuk tekhnik penjualannya, saya lakukan dengan cara menawarkan produk secara langsung kepada konsumen. Supaya konsumen dapat lebih leluasa untuk bertanya dan dapat memilih model yang diinginkan.
Saya juga menawarkan produk ini dengan cara membuat catalog yang bserisi foto-foto produk agar konsumen lebih tahu dan respect dengan produk yang saya tawarkan. Disini konsumen juga dapat membuat desain sendiri.


6. Pemasaran

Target harga per produk yang saya berikan yaitu :
• Sandal kepit untuk dewasa : Rp. 20000,-
• Sandal jepit untuk anak-anak : Rp. 15000,- - Rp. 20000,-

Menurut saya dengan harga yang saya sebutkan diatas, harganya cukup terjangkau untuk berbagai kalangan masyarakat.


7. Kelebihan dan Kekurangan Produk

 Kelebihan
- Pemasarannya tidak terlalu sulit
- Produknya mudah diterima
- Bahan baku mudah didapat
- Proses produksinya sangat sederhana
- Tidak membutuhkan waktu yang lama
- Menerima pesanan sesuai keinginan konsumen




 Kekurangan
- Produk saya bersaing dengan produk yang bermerk, karena konsumen lebih percaya dengan produk bermerk dari segi kualitasnya
- Kita dituntut mempunyai kreatifitas yang tinggi
- Harus terampil, teliti dan ulet
- Harus lebih pintar membaca kondisi pasar dan perkembangan mode


8. Prospek

Berbagai macam model sandal hias yang saya tawarkan disini, saya yakin dapat menarik konsumen dan dapat bersaing dengan produk bermerk lainnya. Dari segi harga juga sangat terjangkau untuk berbagai kalangan.
Karena di jaman modern ini tekhnologi semakin canggih, mungkin ke depannya produk ini akan saya pasarkan melalui internet. Jadi peluang usaha untuk memperkenalkan dan menjual produk ini sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar